July 22, 2008

Nasib Jadi Pacar Atlet, eh! Atlet

Gw udah sering denger kisah hidup mantan atlet yang hidupnya tuh susah banget. Gak punya rumah, makan susah, biayain anak sakit ga mampu, sampe mereka harus ngejualin medali/ sabuk/ piala yang mereka dapetin waktu dulu mereka masih mengukir prestasi. Kasian banget deh. Karena itulah Nyokap selalu gak kasih gw untuk terlalu serius main basket. Dulu sih gw kesel banget, apalagi dulu lagi getol-getolnya maen basket. Sekolah dapet scholarship, terus bisa dapet duit dari basket, jadinya agak belaguuu… hahaha…Tapi sekarang gw bersyukur banget dengerin kata nyokap.

Sekarang ini di saat gw udah lulus kuliah, 3 kali pindah tempat kerja, temen2 gw yg basket masih di situ2 aja tuh hidupnya. Mereka yang serius ngejadiin basket sebagai profesi kuliahnya pada gak beres, dan hidupnya gitu2 aja, stuck di basket. Gimana gak stuck coba? Latihan pagi sore, ditambah tanding-tanding ke luar kota, memangnya gak capekkk??? Gimana kuliah mau beres dengan ritme hidup yang kaya gitu??

Biasanya sih nih, anak2 basket itu keasikan maen basket. Kapan lagi lo bisa ngelakuin sesuatu yang lo cinta banget, fun, digaji plus banyak fansnya (teutama yg IBL). Karena keasikan maen basket, akhirnya kuliah jadi ga beres. Pokoknya “BASKET IS MY LIFE MANNN!!!!” Tapi waktu terus berjalan, yang tadinya pemain muda berbakat, tiba-tiba DUARRRRRR!!!! Umurnya udah 28, udah mulai suka cedera, mulai sering jadi penghuni bench, mulai digantiin sama pemain-pemain muda yang baru. Maunya sih berenti basket, tapi mau kerja apa?? Jangankan title S1, D3 aja belum punya. Ya udahlah daripada bingung mau ngapain, lanjut aja maen basket lagi. DUARRRR!!! Hah, udah 32? Umur 32, belum punya title D3, apalagi S1? Mulai gak kepake di team, mulai kebingungan dan buntut-buntutnya palingan jadi pelatih. Sukur-sukur kalo masih bisa jadi pelatih club, kadang Cuma jadi pelatih sekolah dengan gaji minim. Duhhhh… miris banget sih nasib pebasket-pebasket kita.

Gak Cuma di basket, kayanya sih itu tipikal kehidupan atlet di Indonesia. Gak semua lho yahhh… Tapi mostly...

Siapa yang harus disalahin?? Club? PERBASI? KONI? MENPORA? Negara? Atau salah kita sendiri??? Salah sendiri udah tau bakal susah, masih mau aja jd atlet Gw suka miris kalo denger cerita-cerita tentang atlet kita. Yang paling gw sering denger dih atlet basket yah, karena itu yang paling deket dengan dunia gw. Gw pernah bilang kalo ogah pacaran sama anak basket. Sekarang doang kayanya keren, courtgenic, punya banyak fans, tapi masa depannya suram.

Tapi apa boleh dikata sekarang dapetnya anak basket, emang bener kata orang tua, ga boleh ngomong sembarangan. Hahaha… Tapi gw udah wanti2 sih sama Bona, kalo mau serius sama gw, kuliahnya dia harus berjalan seimbang sama karir basketnya. Semoga saja!!!

Sebagai yang pacarnya atlit, gw aja ngeliat hidupnya Bona sekarang rada miris. Gimana gak miris??? Gajinya dia, lebih kecil dari gaji supir gw 3 tahun yang lalu. I don’t need to mention his salary, but can u imagine???? Dia itu atlit basket profesional!!! Tinggal di mes, latihan tiap hari, sehari dua kali, tapi uang kuliahnya aja gak dibayarin, udah gitu di mes makanan suka abis, siapa cepat dia dapat. Ckckckckck… Ups! Gw baru sadar gaji Bona sekarang beda tipissss banget sama Mbak Sum, pembantu gw di rumah. Anjrittttt… Semoga Bona juga bisa cepet pindah club deh. Club yang bikin hidupnya bisa lebih sejahtera, gak usah mikirin biaya kuliah, gak usah mikirin makanan.

Gimana olahraga Indonesia bisa maju coba? Gimana kita bisa juara Olimpiade?? Sedangkan kesejahteraan atlet di sini aja masih jauh dari banget dari kata sejahtera itu sendiri. Gak usah mengharapkan kalo penghasilan mereka akan kaya pemain bola Eropa ato pemain NBA yang hidupnya bisa mewah deh. Cukup kalo mereka bisa mapan dengan olahraga aja. Cukup makan, minum, tinggal, ga usah mikirin biaya hidup. Itu aja kayanya susah banget. Mungkin ada sih yang bisa kaya gitu, tapi seberapa banyak sih???? Atlit basket yang gw kenal, yang pemain bintang aja, yang fotonya sering gw liat dimana-mana, yang pelatnas, kayanya masih jauh dari mampu tuh kalo disuruh beli apertement di daerah Sudirman. Beli mobil baru aja masih kelojotan, apalagi apertement yah?

Owel, gw berharap sih semoga kesejahteraan atlit di Indonesia bisa mendapat perhatian yang lebih dan mereka juga punya jaminan untuk masa tua mereka, jadi suatu saat nanti atlit2 itu bisa focus bertanding, dengan begitu semoga aja mereka bisa lebih berprestasi dan mengharumkan nama bangsa. Siapa tau nanti tahun 2090 Indonesia bisa jadi juara umum Olimpiade. Ya gak sehh?????? Optimis ajaaaa….
Whoaaa… legaaaa… hehehe….

1 comment:

Arman said...

wah gua baru tau kalo parah gitu di club basket. masa makanan aja gak terjamin dapet sih?

gua denger sih emang kesejahteraan atlet kurang diperhatikan (kecuali untuk atlet2 tertentu yang ngetop2 ya) tapi gak nyangka kalo separah itu...