August 21, 2008

Kalo Cina emang kenapa sih?????

Emang gw cina, walaupun mata gw udah mo keluar gini, tetep aja cinanya keliatan.

Tadi gw naek kopaja mo ketemuan sama temen gw di berca cikini. Trus di kopaja ada bapak2 ngeliatin gw dari atas sampe bawah. Waktu gw liatin balik, dia malah tambah gencar aja ngeliatinnya. Yahhh... gimana yah pak, emang kodrat saya dari yang di Atas tuh dilahirin sbg cina, makanya saya putih bgt. Heran deh gw, emang sih kalo naek bus, hampir bisa dipastikan gw selalu yg paling putih, makanya gw suka diliatin, tp emangnya orang cina kaga boleh naek bus apa? Emangnya orang cina kaya semua??? Ya gak jugalahhh...

duluuuu.... dulllluuuu bgt... ada satu fase dimana gw nyesel dilahirin sbg cina, knp gw gak dilahirin sebg pribumi aja Soalnya kalo kalo orang cina tuh suka di cina2kan, mana ada istilah di pribumi-pribumikan. Hehehe... Udah gitu sbg orang cina, kadang2 gw suka ngerasa gak aman kalo pergi2, soalnya suka diteriakin “amoy... suit.. suittt.. amoy mo kemana” sama abang2. Belom lg nih kalo gw naek taxi ato bus ato kendaraan umum, sering bgt ditanya maaf mbak cina ya?” ato “ sorry, mbak orang apa sih kok putih bgt?” yg artinya gw tau bgt, “Gile nih cina putih bgt” emang kenapa sih kalo gw cina???

Terus gw ngerasain masa paling susah n takutnya jadi cina waktukerusuhan. Gw harus tidur dengan pakaian lengkap mulu, takut kalo tiba2 rumah gw dijarah, udah gitu banyak bgt kan orang2 cina yang diperkosa scara massal sampe ada yg gila, ada yang mati, hamil, terus dibunuh dgn bener2 gak manusiawi, rumahnya dibakar (Gw ngeliat sendiri ada gambar printnya sadis bgt), udah gitu bahkan mayat2 orang cina yg ada di kamar mayat diperkosa, terus dibuang di jalanan. Hiiii.....

SOOO.... gw suka binggung kalo ada pribumi yang masih ngiri sama cina. Jadi orang cina di Indonesia tuh gak gampang lagi. Hehe... Yahh... tapi biasanya sih orang yang ngiri sama cina itu (sorry to say) adalah orang2 yang gak berpendidikan n berpikiran sempit. Mereka Cuma ngeliat dari luarnya aja. Padahal gw bisa nunjukin banyak bgt org cina yg hidupnya susahnya setengah mati.

Welllll... that’s the dark side, kita kan gak bisa menilai sesuatu dari satu sisi aja, so let’s talk about the bright side. Hehe... Gw bersyukur banget walaupun temen2 gw mayoritas pribumi, tapi gw gak pernah ngerasa dikucilkan sama mereka. Gw bersyukur banget punya temen2 yang baik n gak ngomongin di belakang gw. Maksudnya gak ngomongin d belakang gw adalah mereka frontal banget depan orang banyak suka teriak2 “DASAR CINA", “CINA BANGET SIH LOE!”, “DASAR CINA KOTA!”, “ENCI DIANA”, “NOCI (nona cina)”, sampe “CINA BEGO”, “CINA BRENGSEK”, “CINA GILA”. Hahahaha... tapi gw tau kok itu adalah ungkapan kasih sayang mereka buat gw. Hehehe.... Mungkin salah satu hal yg membuat gw awet temenan sama mereka adalah krn qta beda, we completing each other. They makes my life colorful, gw belajar banyak tentang budaya mereka, mulai dari batak, ambon, betawi, jawa, sunda, menado, arab, dayak, dll hehehe...

Udah gitu gw heran cowo2 yg suka gw tuh kayanya 80%nya non cina deh, ato let’s say bukan suka (gr bgt d gw) x), maksudnya cowo2 yg menganggap gw menarik tuh biasanya yang pribumi. Soalnya mungkin kalo yang cina udah bosen kali ya liat kulit putih, n tipe2 kaya gw sih udah pasaran buat mereka, d kota jg banyak. Hehehe....kalo yang pribumi kanbiasanya banyak yg suka tuh karena gw menang di putihnya. Hahaha...

Tuhan terimakasih untuk kulit yang putih ini, yang walaupun suka panas2an & kena asap kenalpot tp gak item2. kalo gw item, bisa hancur lebur deh pasaran gw, hahaha.... Tapi gw udah nyoba sih pake tanning oil, terus berjemur tp kulit gw tetep aja gak item2, yang ada muka gw malah merah2 kaya anak babi. Huehehehe...

Terusss... mungkin jg karena gw cina kali yah, gw suka banget kerja, gw gak bisa diem, pecicilan, selalu mo nyoba hal-hal baru. I believe Chinese people work 10 times harder than anybody else in d world, itu terbukti dapat gw lihat dari nyokap gw yg workaholic, n kalo lo gak percaya dateng aja ke glodok, ato ke toko2 org cina pagi2, biasanya mereka udah buka d saat semua org masih tidur, n mereka tutup paling malem d saat semua org udah tidur jg. Huehehehe... (gak juga sih, tergantung orangnya jg, ada juga kok cina pemalas) hehe...

Yang pasti kalo sekarang sih gw bangga bgt bilang “IYA EMANG GW CINA.” Papa cina , mama cina, kakek dari daratan cina. Berarti kecinaan gw gak diragukan lagi kan ??? Hehehe... Lagian toh gw punya temen2 yg nerima gw apa adanya, walaupun gw bukan pribumi, tp mereka tetep nganggep gw bagian dari mereka. I love u guys!! Cup.. cup...

9 comments:

Anonymous said...

emang masih jaman cina diliatin dr atas ke bawah di kopaja?
maklummm...bukan level gw naek bis. Gw mah ojek dong, hehehe.

Long Ai Tian said...

hehehe saya mah gak pernah ada masalah dengan cina...lha wong saya aja yang 100% jawa sering disangka cina kok!!! sering dipanggil cece,ncik,dll hehe...btw saya salut kok sama cina karena terkenal ulet dalam berusaha dan saya sampe sekolah kena saya demen bgt sama budaya cina.......oh iya tapi saya suka dipanggil cica lho mbak....alias cina cantik hahahahaha

rimafauzi said...

ih amit2.. hari gini masih rasis gitu sih di indonesia (lah, jelas2 hari gini tambah rasis, rusuh, rese dan bikin risih.. huh!)

gue dulu punya sahabat cina dan tetangga satu yg cina juga. dulu sahabat gw ama tetangga gw pernah berantem, lewat pager di rumah gw pula.. masing2 pada bilang, "cina lo!" trus yg atu lagi bilang, "lu yang cina!"
lahh.. akhirnya gw bilang, "dah, sama sama cina jangan berantem..!" hehehhe

L. Pralangga said...

Biarin aja neng, orang itu gak semuanya punya pikiran luwes.. gak heran dia mesti (si bapa2 itu) gak punyatemen banyak dan temen-nya mungkin cumanitu2 aja - karena sempit cara berpikirnya.

hang in, there.. there are lots of friends out there who can be open minded and has grat reaspect on diversity.

hope the event happened won't make your patriotism wears off. You are an Indonesian, a proud one, I presumed.

kebobunting said...
This comment has been removed by the author.
kebobunting said...

ever-ours: gue kan lucu makanya diliatin. kalo lo kan gak, jd aman. hehehe...

long ai tian: bener lho mba, aku liat fotonya aku kirain cina. hihihihihi... aplg tulisannya long ai tian. kirain bahasa cina. hehehe...

rimafauzi: masih mba rima, n kayanya masih akan tetep gitu smp 10 thn lg. plg kalo capek aku nyusul mba rima aja, pindah ke tempat lain. huahahahaha.. ga ding!

kastrio mbojo ireng: iya dong mas, gini2 aku cukup nasionalis lho. kalo liat bendera ind lag dikibarin aja aku suka terharu. hehehehe...

Arman said...

iya kan katanya orang cina itu pada rajin kerja ya. tapi kenapa gua enggak ya? gua kok males banget ya? hahaha.

kontoculai said...

Pengen maen ama amoy...

Unknown said...

Yah eluu, cina naik bis, gw dong naek angkot