August 15, 2008

Masih aja belanja ide???!!!!

Kesel, sebel, sedih, marah, kecewa, tersinggung, ngerasa dilecehkan, pokoknya sekarang ini perasaan saya campur aduk deh.

Hari ini laqi lagi males ikut makan siang ke luar sama anak-anak kantor. Selain lagi ga semangat buat ke mall, lagian juga udah bawa bekal dari rumah.

Saya makan di dapur, menikmati nasi goreng sosis saya sambil nonton TV. Selesai makan, saya bengong-bengong aja di dapur sambil nonton TV, soalnya di dalam kantor masih sepi. Sebagian sholat Jumat, sebagian masih pada keluar makan.

Tiba-tiba ada 2 orang teman saya yang masuk ke dapur buat makan, ya udah saya temenin aja sekalian nemenin mereka makan, ngobrol, nonton TV dan menikmati green tea favorit saya. Ga lama kemudian creative director saya juga masuk ke dapur ikut ngobrol sambil nunggu makanan pesenannya dateng. Sambil ngobrol, sesekali saya ngeliatin iklan yang lagi diputar di TV.

Tiba-tiba saya ngeliat iklan mengenai tayangan TV. Awalnya saya ga gitu merhatiin, soalnya iklannya cuma ngasih liat muka-muka artis dan namanya. Terakhirnya baru dikasih tau kalo itu adalah iklan untuk acara award yang diadain sama sebuah Bank besar.

Jantung saya langsung merosot ke perut, muka panas, mau ngomong gelagapan, isi perut mau keluar dan saya ngerasa kesel banget.

SH#TTTT, F#*Kkkkkkk!!!! Pas baca judul acara dan nama bank besar yang jadi penyelenggara tersebut, langsung aja saya dejavu. Bukan! Bukan dejavu!!! Pernah ngerasain bangga dan euphoria luar biasa yang melingkupi kalo iklan atau ide yang kita bikin tayang di TV ato Koran ato majalah ato apapun yang membuat hasil karya kita itu terwujud?? Seperti itulah yang saya rasakan, tapi perasaan kebalikan dari semuanya itu.

Itu kan!! Itu kan???? Itu kann??!!! Itu kan ide saya, bedanya saya bikin judulnya pake bahasa inggris, dan sama dia diganti pake bahasa Indonesianya, dipanjangin sedikit ditambah rasional yang saya kasih waktu present ke client.

Saya yakin banget kalo yang di TV itu ide saya!!! Itu milik sayaaaa… masih ada semua data-datanya kok di computer saya. Lengkap, komplit! Saya yakin banget, seyakin kalo saya pernah ikut pitching yang diadakan bank tersebut dalam rangka mau launching dan mempromosikan produk baru bank tersebut yang katanya fantastis itu. Yang ga pernah diumumin itu hasil pitchingnya, alasannya pas ditanya katanya belum ada hasilnya. Tiba-tiba saya liat billboardnya udah nongol dimana-mana. Saya ga perduli sama billboardnya dia! Soalnya itu iklannya sama sekali ga creative, Cuma copy aja gede-gede nama produk dan benefitnya. Jelas itu bukan saya yang bikin!!! Tiap hari kalo mau ke kantor, saya liat billboard bank tersebut di deket pertigaan kampus yang ada di samping sensi.

Waktu itu saya bikin buat bank pitching itu adalah full campaignnya! Mulai dari program promonya, poster, promo TVC, radio, billboard, dll… Udah gitu semua itu dibikin dengan penuh perjuangan, dalam waktu cuma 2 hari. Karena kata bank tersebut mereka udah pitching, tapi agencynya ga ada yang memuaskan, jadi mereka ngundang kita. Saya mengorbankan weekend saya buat pitching tersebut, ga tidur, mana partner saya sampe sakit waktu itu.

Sumpah saya ga kenapa-kenapa kok kalo ga menang. Saya cuma anak bau kencur, mungkin ide saya ga bagus-bagus amat sehingga belum dipake sama client. Masih banyak orang diluar sana dengan segudang ide brilliant. Kalah pitching itu biasaaaaa, tapi kalo ngeliat hasil karya kita ga diakuin sebagai milik kita, rasain sendiri deh rasanya. Ga enak banget! Seperti perasaan saya diatas tadi.

Saya cukup sering mengalami suka duka pitching. Yang kayanya client interest banget sampe bikin revisi ptching (iya revisi pitching), tapi ternyata abis revisi pitching, ga ada kabarnya sama sekali tiba-tiba iklannya nongol. Tapi toh saya ga terlalu kecewa, karena kalaupun idenya dicolong, palingan Cuma 20%. Santailahhh… Biasa… Apalagi di Indonesia.

Tapi tolong dong jangan semuanya dicuri!! Berikut rasionalnya dimasukin ke judul!! Saya inget banget salah satu petinggi bank tersebut dengan sombongnya bilang kalo dia punya waktu untuk dengerin kita presentasi 15 menit. SDaya inget banget karena dia ngomong gitu sambil ngeliat ke arah jam tangannya yang kinclong itu. Bilang aja kalo ga punya budget iklan!!!

Saya langsung nelpon mantan partner saya yang dulu ngerjain pitching itu bareng-bareng (saya baru pindah kantor sebulan lebih). Dia juga sama emosinya sama saya.
Saya tau kok, sama masih hijau di industri ini, kurang pengalaman, ga tau apa-apa, dan saya juga yakin banyak banget orang yang ngalemin hal serupa kaya saya. Mungkin ini hal biasa di industry yang saya cintai ini. Saya cuma pengen sharing aja kok. Daripada disimpen jadi busuk?!

Ini bener-bener pengalaman yang berharga dan biar gimanapun saya seneng juga sih mengalami ini secara langsung, ga cuma denger dari cerita orang-orang. Karena saya yakin sih, melalui kejadian ini saya pasti diproses jadi lebih baik. Owelll… bangga juga sih ide saya dicolong, berarti saya masih cukup kepakailah di industri ini. Cuma mau ngasih masukan aja ke bank tersebut. Eksekusi promonya kurang ok. Karena saya bikin promo itu supposed to be touchy, bukan kaya sekarang. Lagian billboardnya sama promonya juga ga sejalan. Kalo dia nyerahin semuanya ke saya, yakin deh bisa lebih bagus lagi. Lalalalalalalalalala… :)

11 comments:

badagwae said...

iya nasib creative memnag gituh banyak lah yang mengalami.susah ......

Unknown said...

utk ngeringanin beban, ada baiknya ide2 dr kepala kita tidak kita berikan label harga.. supaya nggak sakit hati kalo ternyata dipake orang lain.. malah sebaliknya: alhamdulillah, otak gue ada gunanya..

tapi ini pemikiran super pasrah sih.. susah juga ngejalaninnya..

chrisman said...

true story sedih.. haruuu dan salut...(ngebayangin sambil merem dan senyum... sabar.. ya ndok...rejeki gak kemana ...*nyambung gak sihh??)..drpd kecewa berkepanjangan... kenapa gak ditanyain aja lsg ama yg menilai presentasi lo dulu... kok idenya tetep dipake.. (tapi itupun kalo udah pindah dr kantor tmpt lo waktu picthing itu)... sapa tau abiss itu lo malah dicari teruss ama klien itu.... renyahh yahh masukan gw???

bie said...

Mau Idenya, Nggak mau bayarnya.
Begitulah ulah klien2 skrg, udah gitu kalo pitching mintanya gratis melulu.Mungkin itu tandanya bahwa klien semakin pintar he..he..he...

Unknown said...

mention aja banknya bu.. huehuehe.. kayanya gw tau, kmr mereka barusan shooting di kantor gw... huahuahuaa...

Panini House said...

waw.. kita satu almamater loch di lond.skul jugah.. i feel you sis ! klo gw jd elo... gw SEBUT NAMA BANKNYA !

Ivan Jenggot said...

Pernah berfikir ngga kalo pas interview tapi ga di terima trus idenya di tayangin??

sabar ya...

Rama Aryo said...

nama banknya sebutin aja, itung itung semakin banyak yang melihat semakin banyak yang tahu decission maker bagian marketing/ad/communication di bank tersebut ternyata dodol orangnya.

chrisman said...

kalo gw pikir lagi.. mendingan crita lo ini lo kirim aja ke suara pembaca Kompas misalnya..krn emang tempatnya kan..??. biar kasus seperti ini gak terulang lagi di bank itu dan perusahaan lainnya.. bahwa ini kasus besar..

kebobunting said...

hehehehe... pagi2 ke kantor, baca komen2nya jd terhibur. hahahaha...
makasih yah semuanya. buat semuanya yg juga ngalamin hal yg sama, sabar jg yah. hehehe...
Iya deh, disebut nama banknya, emangnya belum ketebak yah? ato udah ketebak tp pgn aja disebutin? haha... BANK DANAMON! :)

rimafauzi said...

Ih najong.. gak malu banget sih???

iya bener, kirim ke surat pembaca kompas.. buruan deh.. lol
*kompor*

emang banyak yg bangsat org2 di sana.. bikin kesel aja.. cape2 org bikin ide, dijiplak mentah2.. tp tenang.. itu tandanya berarti ide lo bagus.